13 February 2009

Cheese Sticks Benchmarking

===============================================
Momogi Keju VS Nabati SIIP Keju Spesial VS Richeese "Ahh"
===============================================

Well, ini bukan benchmarking yang serius... Kalo serius mustinya pake survey dari puluhan responden, tes kimiawi kandungan, perbandingan harga pada berbagai toko dan warung, analisis brand image, marketing strategy, advertising, dsb, dsb, dsb..... Nggak, ini cuma tulisan iseng hasil mampir di Indomaret dalam perjalanan pulang gue ke rumah. Jumlah responden yang gue tanyain bisa diitung dengan jari tangan, pengecekan harga pun hanya dilakukan pada Indomaret tersebut. Bukannya gue males, tapi emang gue orang sibuk. Kalo weekdays sibuk makan gaji buta, kalo weekend sibuk tidur dan pacaran. Wuih sibuk banget deh pokok'e.....

Tulisan ini akan membandingkan tiga merek snack rasa keju berbentuk "batangan" (hmm... terdengar mesum) yang umum terdapat di berbagai toko. Momogi rasa keju, Nabati Siip rasa keju spesial, dan Richeese "Ahh" krim keju. Okey, gue emang Monosodium Glutamat maniac, tapi paling enggak masi mendingan kecanduan MSG daripada nikotin atau ganja (kayaknya loh). Dan kenapa gue pilih jenis snack ini ? Jelas karena murah..Gue ogah beli Lays atau Happy Tos atau Pringles yang tergolong snack kelas premium.....


1. MOMOGI RASA KEJU

Diantara ketiga merek, boleh jadi ini yang pertama kali muncul dan paling populer. Orang bicara Momogi untuk stick keju sama kayak bicara Aqua untuk air mineral kemasan. Waktu jaman gue kuliah, momogi mudah didapat di warung mana aja dengan harga gopek per kemasan isi satu batang. Tapi waktu gue ke Indomaret kok adanya yang 4 batang sekaligus (2 kemasan diselotip jadi satu, masing-masing isi 2 batang). Apakah yang kemasan satu batang udah gak dijual lagi ? Mohon informasinya pembaca sekalian....

Harga di Indomaret ialah Rp.1225 untuk kemasan 4 batang tersebut, yang berarti harga per batangnya ialah Rp 306,25. Okey ternyata harga per batang masih lebih murah daripada beli kemasan satu batang....

Analisis rasa : Hmmm... Entah kenapa rasa kejunya kurang kuat. Nggak sedahsyat snack favorit gue, Smax Ring Keju. Pengaruh MSG padahal terasa sekali disini. Boleh dibilang, perbedaan rasa dengan Momogi Jagung Bakar tidak terlalu besar. Malah gue yakin, kalau seandainya diadakan tes dengan mata tertutup untuk membedakan mana Momogi Keju dan Momogi Jagung Bakar, dari 100 orang minimal ada 10 yang salah menebak....

Tapi okelah, emang kebanyakan makanan ringan seperti ini. Konsep yang ditawarkan Snack keluaran PT. Sari Murni ini sudah terbilang cukup bagus, apalagi dengan harga yang murah dan tersedia di mana-mana.

Dari segi bentuk dan kepadatan, gue agak kecewa dengan adanya lubang di tengah batang, sehingga mengurangi volume secara keseluruhan. Well, ketiga merek yang diuji juga semuanya memiliki lubang di tengah sih.... Untuk kepadatan, Momogi ini juga istilahnya "angin doang", atau memiliki banyak rongga rongga udara sehingga terlihat lebih besar. Berat bersih per batang ialah 6 gram.

Komposisi : Jagung , Minyak sayur, susu bubuk, gula, garam, bubuk keju, pewarna makanan sunset yellow CI-15985. (MSG-nya kok gak ditulis ya ? apa jangan-jangan emang gak pake ? curiga..... )

Informasi Gizi (per kemasan isi 2 batang) : Lemak total 5 gram, Protein 1 gram, Karbohidrat total 6 gram, Natrium 36 miligram.



2. NABATI SIIP RASA KEJU SPESIAL

Sekilas kelihatannya seperti complete rip-off dari Momogi. Baik bentuk dan ukuran. Rasa yang ditawarkan adalah "Keju Spesial" dimana nggak terlihat spesialnya dimana (Nggak ada tuh Nabati SIIP yang rasa "Keju biasa"). Dari segi popularitas, Nabati SIIP vs Momogi juga bagaikan air minum Vit vs Aqua....

Okelah, mari kita buka dan cicipi. First bite impression : rasa keju yang ditawarkan juga sepertinya sama dengan Momogi Keju... Tapi tunggu sebentar, rupanya aftertaste yang dihasilkan lebih bagus. Rasa kejunya melekat lebih lama di mulut setelah gigitan terakhir. Yep, ini dapat gue jadikan sebagai nilai plus..

Snack yang diproduksi oleh PT.Kaldu Sari Nabati Indonesia ini dikemas dengan gambar depan yang menurut gue masih lebih menarik daripada Momogi (Logo beruang panda Momogi sepertinya bahkan sulit untuk menarik perhatian anak kecil). Pada gambar depan Nabati SIIP nampak krim keju yang terlihat sangat yummy dituangkan ke atas batang keju Nabati SIIP. Walaupun gambar itu sepertinya merupakan pembohongan publik (krim keju tidak dituangkan), namun gambar ini gue katakan cukup membangkitkan selera....

Nabati SIIP dijual dalam kemasan berisi 2 batang seharga Rp.550 (Indomaret), yang berarti harga per batang ialah Rp.275. Hmm.. lebih murah daripada harga per batang Momogi. Berat bersih per batang ialah 5 gram, lebih ringan dari Momogi, walaupun perbedaan 1 gram itu tidak begitu terasa....

Yah kesimpulannya, Nabati SIIP mirip sekali dengan Momogi, hanya unggul sedikit di aftertaste dan tampilan kemasan (yang gak penting)....

Komposisi : Jagung, minyak nabati (mengandung Antioksidan TBHQ), keju bubuk (mengandung Antioksidan Tokoferol, Askorbil Palmitat, pewarna kuning FCF CI-15985, Tartrazin CI-19140), gula, whey bubuk, Natrium Bikarbonat, garam, penguat rasa Mononatrium Glutamat, pewarna kuning FCF CI-15985.
(hmm, sepertinya mereka ingin menekankan kandungan "Antioksidan" pada snack ini... well, okelah, satu lagi nilai plus...)

Informasi Gizi (per kemasan isi 2 batang) : Lemak total 4 gram, Protein 1 gram, Karbohidrat total 5 gram, Natrium 70 miligram.


3. RICHEESE "AHH" KRIM KEJU

Last but not least, Richeese 'AHH' Krim Keju yang akhir-akhir ini popularitasnya cukup melejit. Berbeda dengan kedua jenis merek sebelumnya yang menawarkan diversifikasi rasa, Richeese hanya fokus pada keju (iyalah, namanya aja RiCHEESE....), namun diversifikasi lebih dilakukan pada bentuk (rolls, wafer, dll). Disini gue membahas Richeese "AHH" yang berbentuk batangan juga.

Richeese "AHH" sepertinya memposisikan diri pada kelas produk diatas Momogi maupun Nabati SIIP, hal ini karena harganya cukup mahal, Rp.550 (Indomaret) untuk kemasan berisi satu batang saja. Namun harga tinggi ini juga ternyata sebanding dengan kualitas rasa, mari kita bahas....

Dari segi penampilan, Richeese memang lebih panjang kira-kira 1,5 cm dari kedua merek sebelumnya. Dan hanya dari melihat permukaan dari batang kejunya, kita langsung tahu bahwa Richeese ini "berbeda". Krim keju benar-benar menyelimuti permukaan batang keju yang menggemaskan ini. Tunggu, tidak hanya itu. Lubang di dalamnya juga rupanya memiliki krim keju padat. Mmmm..... cheeeeesssseeeeee....... Kepadatan batang utamanya pun tidak mengecewakan, berat per batang 10 gram (dua kalinya Nabati SIIP). Acungan jempol untuk kualitas produk yang satu ini.....

Produk ini juga merupakan keluaran PT Kaldu Sari Nabati Indonesia. Kemasan terlihat sangat menggiurkan. Ditambah lagi dengan tulisan "Mengandung Vitamin A, B1, B2, B6, B12" (yang sebenarnya gue gak terlalu peduli). Hasil survey terhadap temen2 gue juga memperlihatkan bahwa semuanya lebih prefer Richeese dibanding kedua produk sebelumnya....

Komposisi : Jagung, minyak nabati (mengandung Antioksidan TBHQ), gula, keju bubuk (mengandung pewarna Kurkumin CI-75300, kuning FCF CI-15985), whey bubuk, garam, pengemulsi lesitin kedelai, pewarna (kuning FCF CI-15985, Tartrazin CI-19140), vitamin A, B1, B2, B6, B12.

Informasi Gizi : Lemak total 2 gram, Protein 0 gram, Karbohidrat total 7 gram, Natrium 45 miligram, Vitamin A , B1, B2, B6, dan B12 masing masing 15% AKG (Angka Kecukupan Gizi).


ANALISIS TAMBAHAN

Kepopuleran Richeese selain dari rasa, juga ditunjang oleh iklan televisi yang menampilan wanita yang "lumayan". Sedangkan kedua produk sebelumnya gue jarang melihat iklannya di TV, entah karena emang jarang atau iklannya kurang catchy sehingga gue gak memperhatikan. Slogan Momogi yang bunyinya "Mau Mau Lagi" cukup diingat orang pada awalnya, namun sekarang sudah tenggelam (kayaknya masih lebih ngetop ucapan "Tinggal Lepp" dari Sozis, yang notabene kagak ada enak-enaknya....)

Andaikan Momogi maupun Nabati SIIP menggunakan cewe seperti Asmirandah pada iklannya (kayak Gery Saluut Cokluut), weleh... mungkin bakalan lebih dahsyat....

Coba bayangkan dia lagi ngemut Momogi... hmmm..... (Salut untuk Gery Saluut Cokluut)


Tabel Komparasi
(Harga yang digunakan adalah harga di Indomaret Februari 2009)


1 comment:

  1. hiw hiw hiw...join ke sini dunk :

    http://www.facebook.com/pages/Richeese/86678834375?ref=ts

    biar tambah seru

    ReplyDelete