18 September 2008

Anjing dan Kucing, Mana yang lebih pintar ?

Sebagai orang yang pernah memelihara kedua jenis binatang ini, gue pingin membuat tulisan tentang perbandingan kepintaran dan pola pikir anjing dan kucing.

Jika kita membandingkan mana yang lebin pintar antara 2 hewan yang paling dekat dengan manusia, yaitu anjing dan kucing, maka umumnya orang akan mengatakan bahwa anjing lebih pintar. Hal ini tidak salah, hewan dengan sebutan "Man's best friend" ini sering kita lihat dapat dilatih menjadi anjing pemburu, anjing penjaga, dsb, dan juga dapat melakukan perintah seperti duduk, ambil tongkat, dan lain lain. Selain itu kapasitas otaknya juga kayaknya sih lebih besar, lihat aja ukuran kepalanya. Kucing, however, kelihatan seperti hewan yang malas, manja, susah diatur, semaunya sendiri. Sehingga orang umumnya berpendapat bahwa kucing tidak lebih pintar dari anjing.

Benarkah anjing lebih unggul dari kucing. Menurut gue lain. Keduanya gue bilang sama2 "pintar", namun dengan jenis "kepintaran" yang berbeda. Tidak paham ? Coba gue kasih analogi : Semisal ada anak kecil berusia... yah pokoknya belum sekolah lah. Terus loe suruh dia nyanyi, "Coba Putri, kesini, nyanyi lagu bintang kecil..." Dan dia nurut, nyanyi lagu sambil joget dengan kepolosan anak2 yang lugu. Setelah itu loe tepuk tangan sambil memuji "Pintar yaaa, udah bisa nyanyi.."

Anak kecil itu bisa loe bilang "pintar", karena
1. Dia memahami perintah loe
2. Dia menuruti perintah loe
3. Dia bisa nyanyi

Tapi jika skenarionya berbeda, semisal anak kecil itu menolak untuk nyanyi. Dia cuma menoleh ke loe dan bilang "Gak mau ah..". Maka apakah kita katakan dia "tidak pintar" ? Tidak juga. Justru bisa saja sebenarnya dia sedang berpikir "NGAPAIN GUE NURUTIN PERINTAH LOE ?? APA UNTUNGNYA BUAT GUE ?? LOE CUMA BAKAL TEPUK TANGAN SAMBIL NGELUS KEPALA GUE, KECUALI GUE DAPET ES-KRIM ATAU MAENAN, MUNGKIN BARU GUE PERTIMBANGKAN UNTUK NYANYI DI DEPAN ELO !!". Walapun sebenarnya dia juga memahami perintah loe, dan kemungkinan besar dia juga bisa bernyanyi.

Jadi anak jenis kedua ini juga "pintar" dalam arti dia menyadari tidak ada manfaatnya bagi dia maupun orang yang menyuruhnya jika dia menuruti perintah itu, setidaknya nggak ada benefit jangka pendek. Sehingga dia menghemat waktu dan tenaga untuk tidak melaksanakan perintah konyol tersebut. Pintar, karena telah mampu membuat pertimbangan sedemikian.

Anjing dan kucing kira2 mirip seperti analogi tersebut. Anjing kita katakan "pintar" karena dia lebih penurut. Disuruh duduk, dia duduk. Disuruh kasih tangan, dia kasih tangan. Sedangkan kucing boro2 nurut. Kerjaannya saban hari cuma tiduran sambil jilat2 bulu badan.

Namun kucing juga "pintar" setara dengan anjing, walapun berbeda konteks. Anjing itu kalau misalnya disuruh "Jangan naik ke atas sofa !!", Lama2 dia bakal nurut, nggak akan naik ke sofa. Sedangkan jika kita ngasi kucing perintah yang sama, "Jangan naik ke sofa !!", Kucing juga lama2 akan nurut, gak bakal naik ke atas sofa, hanya saja kalau kita lagi nggak ada, dia bakalan naik lagi ke sofa. Miriplah kayak orang yang nyerobot lampu merah karena gak ada polisi.

Maka kesimpulan menurut gue : Anjing itu pintar dari sudut pandang manusia, karena dia hewan yang berguna (bagi manusia) dan penurut. Sedangkan kucing itu pintar dari sudut pandang kucing itu sendiri, karena dia hanya melakukan hal2 yang menguntungkan bagi dirinya sendiri.

Jadi mana yang lebih pintar ? Silahkan elo analisis dan bandingkan sendiri, Anjing yang seperti ini, atau kucing yang seperti itu ? Sebagai informasi tambahan, currently gue lagi melihara kucing, namanya Ngicuk. Kucing kampung umur kalo gak salah 2 setengah tahun. Berikutnya gue akan coba menganalisis binatang lain, barangkali tikus. Bayangin aja, gue baru2 ini masang jebakan lem tikus dengan umpan di tengahnya. Paginya, di sekitar papan lem ada jejak kaki tikus, dan umpannya hilang. WTF???!!!

===== MOYYO ======
ismoyo32@yahoo.com

1 comment:

  1. haha.. menurut gw.. tikus sekarang udah jadi mutan! lo coba dong bayangin.. udah 2 centong gw ilang diambil mereka.. bahkan temen gw juga bilang kalo centongnya dia jua di ambil tikus!! kira2 buat apa ya centong bagi mereka, buat maen pingpong??

    ReplyDelete